Profil Sekolah
Logo SMKN 2 Batam |
Nama sekolah : SMKN 2 Batam
Alamat : Jalan pemuda no. 5 Legenda Malaka, Batam Centre
Tahun berdiri : 2006
Website : http://www.smkn2batam.sch.id
Kepala sekolah : Drs. Nofrizal
Kepala SMKN 2 Batam |
Sejarah dan Latar Belakang
Perkembangan industry yang tidak sejalan dengan penyediaan tenaga kerja yang memadai khususnya untuk bidang bisnis manajemen dan pariwisata mengakibatkan kebutuhan tenaga kerja untuk bidang tersebut terbuka lebar. Menyadari hal tersebut, tahun 2006 Pemerintah daerah kota batam mengambil langkah antisipatif membangun smk negeri 2 batam dengan program Keahlian Akuntansi, Usaaha Perjalanan Wisata, Akomodasi Perhotelan dan tata Boga yang berlokasi di jalan pemuda no. 5 batam centre Kodya Batam Propinsi Kepulauan Riau.SMK Negeri 2 Batam dengan Motto “ Bersih Enak Rajin Maju Ulet Terampil Unggul ( BERMUTU ) “ dikelola sebagai sekolah yang melaksanakan dual system secara konprehensiv dengan melakukan pengembangan melalui kerja sama dengan industry – industry yang relevan seperti perbankan, Asosiasi perjalanan Indonesia, apindo, kadin, dan peningkatan kemampuan para guru/staff sehingga dapat berperan secara baik dengan total quality management dalam rangka menjadikan smk negeri 2 batam menjadi lembaga pendidikan yang mempunyai kualitas sejajar dengan sekolah sejenis di singapura/malayasia khususnya Negara-negara asean lainnya.
Program study yang diberlakukan sesuai dengan atau berdasarkan Peraturan pemerintah /PP 29 tahun 1990 program keahlian di smk harus disesuaikan dengan perkembangan lapangan kerja , smk negeri 2 batam, telah mengkaji program keahlian yang sesuai dengan kondisi kota batam yang dikembangkan sebagai kota wisata, jasa perdagangan , industry dan meeting baik tingkat local maupun nasional dan internasional. Untuk saat ada 3 program studi dengan 4 program keahlian yang telah berjalan di smk negeri 2 batam, yaitu:
- Bidang studi keahlian seni, kerajinan dan pariwisata dengan program studi keahlian pariwisata kompetensi keahlian usaha perjalanan wisata dan kompetensi keahlian akomodasi Perhotelan
- Bidang studi keahlian bisnis dan manajemen program studi keahlian keuangan kompetensi keahlian Akuntansi
- Bidang studi keahlian seni, kerajinan dan pariwisata dengan program studi keahlian tata boga kompetensi keahlian jasa boga
- Untuk menunjang kelancaran proses pendidikan dan pelatihan smk negeri 2 batam memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai seperti labor computer, Hotel training centre, mini bank, koperasi, masjid, bisnis centre dan training jasa boga yang sesuai dengan perkembangan teknologi,
SMK Negeri 2 Batam juga menjadi sekolah regional centre untuk wilayah kepulauan riau dan sekitarnya yang mempunyai peran sebagai tempat pelaksanaan pelatihan guru-guru kejuruan khususnya bidang bisnis manajemen dan pariwisata di wilayah Kepulauan riau dan sekitarnya serta mempunyai tanggung jawab terhadap pembinaan bagi sekolah-sekolah swasta dengan rumpun bisnis manajemen dan Pariwisata yang ada di lingkungan kota batam seperti :
- SMK Al-Azhar ( Program Keahlian Akuntansi )
- SMK-BBS ( Program Keahlian Akuntansi )
- SMK Harmoni ( Program Keahlian Akuntansi dan Akomodasi Perhotelan)
- SMK Kolese ( Program Keahlian Akuntansi )
- SMK IBNU SINA ( Program Keahlian Akuntansi )
- SMK Nasioanal Batam ( Program Keahlian Akuntansi )
- SMK Permata harapan ( Program Keahlian Akuntansi )
- SMK Widya ( Program Keahlian Akuntansi )
- Sumber Daya Manusia
- Infrastruktur dan Lingkungan kerja
• Bangunan dan ruangan belajar, workshop, ruang perpustakaan
• Peralatan pratikum, labor
• Sarana pendukung, seperti transportasi dan komunikasi
• Hotel Trainning
Nilai-Nilai
Nilai – nilai yang dianut SMK Negeri 2 BATAM adalah sebagai berikut :• Pembaharuan :
Selalu berinovasi, mengadakan perubahan dan pembaharuan berdasarkan perkembangan organisasi.
• Kebersamaan :
Menjalin kerjasama yang berlandaskan azas kekeluargaan. Menentukan tujuan bersama, memecahkan masalah bersama, menuju masyarakat yang berbudaya dengan berlandaskan Pancasila.
• Saling Menghargai :
Membina hubungan baik dan saling menghargai antar sesame serta saling menghargai tugas dan fungsi masing-masing.
• Pelayanan Prima :
Selalu memberikan pelayanan kepada semua stakeholder dengan sebaik-baiknya
Ada yg punya info tentang hotel gk ???
BalasHapus